Tuesday, July 22, 2008

Ke Markt Delft Centrum

Akhirnya terkabul juga keinginan jalan ke pasar di centrum Delft, juga sekalian lewat Den haag ambil buku pelajaran bahasa belanda buat Bamby.
Hari ini kita ketangkap polisi gara2 salah belok di Den Haag, tapi gpp cuman dikasih tau aja, gak ditilang kok...untungnya.

Foto di Gracht nya Delft emang indah, khas banget bentuknya mlengkung keatas, gunanya apa ? agar perahu bisa lewat dibawahnya. Grachten ini memang dulu dipakai untuk lewat2annya perahu kecil tetapi kelihatannya saat ini udah engga deh, kalaupun iya paling njarang banget. Taunya gimana ? itu tanaman lotusnya utuh dan subur berarti habitatnya tak terganggu, kalau tergnggu oleh kapal yang lewat pasti gak sebagus ini tanaman lotusnya.

Yak lanjut..... kita masuk ke centrum Delft, Papanya ngacir aja...kenapa ? kebelet beli pulsa, karena pulsanya doi habis tapi mau sms an ama temannya, jadilah setengah berlari menuju toko handphone.

Ini yang jualan stroopwafel, tadinya mau beli ini buat oleh2 koleganya mas, tapi kok rasanya lengket semua deh, padahal selain dibungkus plastik juga ada kemasan kalengnya lucu juga, tapi ide dikepala kalau stroopwafel tuh identik dengan lengket alias pliket semua, jadilah males belinya.... ada2 aja....

Kalau di londo, beli buah itu gak boleh di pegang, niet aanraken a.u.b.... artinya kurleb pls. jangan pegang2 , kalau beli buah2an, kita gak bisa megang atau milih, kita tinggal tunjuk aja mau buah apa ntar dia yang ambilin..... jadi kalau pembelinya nakal ya bisa dapet buah yang separuh busuk, tapi itu jarang terjadi karena mereka juga malu kalau kita komplen, budayanya jujur....

Oudekerk juga ketutpan tenda para penjual disini, makanya kemarin itu untung juga gak ada pasarnya , jadi bisa foto2 santai. Yang belanja malah banyak generasi lanjut usia, mereka seneng dengan suasana pasar sih.... Apalagi yang pernah tinggal di Indonesia, selalu mereka terbayang pasar tradisional Indonesia.

Yang jualan keju, gak semua boerenkaas, ada juga keju2 yang ada dijual di SPM, kalau keju pada musim panas, saya lebih suka beli di SPM karena tempat penyimpanan kejunya adem jadi kejunya lebih awet, gak gampang tengik kalau disimpan untuk waktu yang lama, kalau langsung mau dimakan ya beli aja disini gpp.

Tu kan bener stadhuisnya tertutup sebagian ama tenda2 penjualnya, gak bisa bikin foto yang bagus sekarang, untung kemarin itu sempet bikin foto di stadhuis.

Penjual roti dan macam2 kue / bakery ala pasar ceritanya, tapi emang kebanyakan home industri ini, buatan rumahan bukan pabrik, makanya rasanya beda deh sama yang di supermarket tapi kadang mereka suka juga menyelipkan produk massal.... biasa mungkin gak ketangan semua dibikin sendiri, juga laku aja sih jadi ya kalau gak jeli bisa kebeli juga produknya SPM.

Yang dilihat bukan pasrnya tapi bentuk dari atap2 rumah yang bentuknya unik dan mirip dengan bentuknya magnet lemari es....

Eeee...ada juga toko souvenir disisi ini, baru lihat kayaknya dulu2 engga ada deh disini, yang ada malah tadi diperempatan sono, dan sekarang malah udah berganti jadi cafe.

Gilee bunga kolnya putih putih menos menos gitu, gregetan pengen beli dan dimasak cah bunga kol, wortel ama ayam dan jamur...sedep deh....
Tapi kapan mau masaknya ?

Tukang kacang2an... terlihat darui jauh, banyak banget ragam kacang2 an yang dijual, jadi pengen meneliti lebih jauh neh.....

Ternyata banyak banget jenis kacang2an yang dia jual juga termasuk jualan bumbu2 asia .... Tau difoto yang jualan ngumpet... lho napa sih mas londo ? takut jadi cover boy majalah horse and hound ya ?

Yang jual ayam di Markt, biasanya sih harganya hampir mirip aja sama di toko/poelir , tapi biasanya seneng aja orang beli dipasar, mungkin karena suasannya ya... "pasar achtig" gitu.

Ya dilihat lihat ya Pak ?.... Dan berakhir dengan kepingin pastine, lha wong es krim ini terkenal banget sajak jaman dulu kita ke Belanda sudah ada dan laku banget. Cuman dari dulu yang jual super jutek, gak kayak yang di Den Haag baik2 orangnya.

Bener kan akhir nya pada jajan es krim deh, dan memang enak banget es krimnya, es krim itali emang sih, tapi tetep aja kita gak mau pake topping slagroom, gemuk dan lemak euy....padahal ya tambah sedep aja pake slagroom/whipping cream.

Ternyata si jutek tuh masuk 3 besar tho dalam loima es krim terenak di Belanda.... ya pantes aja jaga image dianya....


Oude Kerk terlihat dari jauh, dengan latar depannya barisan sepeda.... banyak bener deh orang naik sepeda disini, dan memang paling ringkes, gak perlu beli bensin, secara bensin di londo hampir 6 kali lipet lebih mahal daripada bensin di AD.

Ada toko yang jual khusus klompen lho, dari dalam toko sampai rak diluar ini semuanya klompen. Dulu klompen polos saya juga beli disini, dan masih ada sampai sekarang, juga mereka punya segala ukuran. Jadi dulu saya beli yang ukuran kaki saya.

Yak bapak...sayang istri gak ya ? lagi sale neeehhhhh.....
kirain ini tokonya Enni Blaricum taunya bukan, tapi jujur saya belum pernah masuk toko ini.

Papa masih pucet, tadi waktu mau ketempat parkir diDen Haag ini kita salah belok jadi ketangkap polisi, tapi karena kita pake SIM AD, ya sama polisinya percaya kalau kita turis, kalau kita pake SIM indonesia, bisa runyem dikira kita pendatang yang tinggal di Holland.
polisnya baik, abis kita diterangin rambu yang berlaku, malah dia ucapkan have a nice stay in Holland...dan tanpa di denda... Alhamdulillah....
Kasihan papanya cukup senewen juga tadi....

Untung di toko Indonesia nemu teh botol Sosro kotak, yang dingin pula, sejenak lupa deh Papa ama musibah tadi ... kayaknya ketawanya udah girang lagi.
Kita kesini tuh tujuannya ngambil pesanan bukunya Bamby di toko buku Verwijs di Passage, buku bahasa Belanda yang dipesan beberapa hari yang lalu.

Foto ini diambil dari dalam mobil, serem deh "dikejar" trem. Di Belanda banyak jalan trem yang overlap dengan jalan mobil, jadi bisa aja suatu ketika kita berbarengan dengan trem kayak saat ini, pas tremnya dibelakang kita.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home