Tuesday, July 22, 2008

Jalan Jalan sore ke Scheveningen

Sore jalan2 mumpung ada mobil, tujuannya adalah pelabuhan yang jual ikan goreng, yang setiap ke Belanda selalu didatangi. Enaknya gak amis, ikannya masih segar banget.
Maka tujuan sore ini kami kepantai, menyusuri Scheveningen lalu sampailah ke pelabuhan. Banyak turis dan juga penduduk setempat menghabiskan harinya bersantai disini, sarana banyak cafe dan teras cukup memadai untuk bersantai memang. Atau cuman sekedar "even langs" ketempat ini beli patat dan ikan goreng lalu laju kembali ketempat tujuan akhir mereka.

Pemandangan sore, dimana matahari mulai terbenam disisi kanan pantai Scheveningen.


Banyak warung2 makanan sebenernya tapi kalau sore pada udah bubaran, maklum jam toko atau warung disini kan banyak yang ngikut jam resmi yakni jam 6 sore bubar, kecuali satu ini kayaknya masih rame aja atau udah hampir tutup hingga kayak dikeroyok yang kelaperan kayaknya abis seharian main dipantai.


Lihat juga pantainya mulai sepi, pengunjung pantai ini kebanyakan memang nyari matahari, secara Belanda kan minim sekali ada pancaran sinar matahari, kadang summer mereka juga jelek, seharian cuman hujan aja....


Meski kali ini Summernya Belanda lumayan panas, tapi hari ini gak gitu panas, sore ini adem enak banget, mana angin pantai juga gak terlalu kenceng.


Sepi dan indahnya sinar mentari disore ini.....


Nah ini contoh soal warung yang gak mau sampai malam buka, rupanya mirip jam kantor aja nih warung, padahal pengunjung malam juga gak kurang lho, kayak tempat ikan yang akan kita kunjungi nanti, mereka buka kalau gak salah ampe jam 1 atau 2 malam deh.


Polisi juga masih berjaga, siang tadi sih mereka memang seharian siaga satu disini, bukan takut teroris tapi sekedar mengendorkan niat yang ingin memindahkan barang orang menjadi miliknya.... ik ben hier hoor.... gitu kira2 kata polisinya.


Lumayan jaim juga sih kalau dilihat gini..... Dan masih juga sedia ambulans, karena ada aja tiap tahun yang mati dipantai atau yang memerlukan pertolongan segera. Tahun ini aja udah 2 kasus meninggal dipantai karena kebanyakan berjemur lalu heart attack, terutama memang para manulanya.
Sampai deh dipelabuhan, disambut dengan sepeda yang meleyot ban depannya...aduh punya siapa gerangan kok kasihan amat....


Sisi lain pelabuhan dengan kapal2 ikannya.


Naa ketahuan kan kalau udah malam sebetulnya tapi masih terang kan ? jam 21.52....


Dan udarapun lagi enak2nya bayangkan 20 derajat tanpa angin yang berarti , waduh coba Belanda siang hari kayak gini, bakalan betah deh saya.


Cantik kan pemandangan dari sisi yang lain lagi .....


kapal2 ikannya juga bagus2, lagi pada sandar, ntar malam mulai lagi mereka berangkat.


Naaa ini dia Vis Paleis tempat yang kita tuju, warung ikan goreng yang terenak menurut saya walaupun harganya sih biasa2 aja gak murah2 amat walau letaknya dipelabuhan.


Kebayang apartemen yang dibelakangnya warung ini, kalau lagi males masak tinggal beli aja, meenemen/take away aja deh.


Gak ada kursi pertanda ditempat ini cuman untuk makan thok bukan untuk kongkow2, jadi yang ada cuman meja aja, ya emang sih kalau tahan berdiri 5 jam silahkan aja kongkow...tapi syapa yang mau... jadilah kita makan kayak kuda sambil berdiri.
Kalau nurutin kata pak Ustadz mah kagak boleh makan sambil berdiri ya ? ya mesti makan didalam mobil kalau mau makan sambil duduk, tapi kali ini maaf deh kayaknya enakan makan diluar mobil aja biar amisnya ikan gak tinggal didalam mobil.


Nah lihat apa gak serem flu burung sih, kok meja buat kita makan di datangi burung juga...waduh.... piye tho iki... makanya nurut ama ustadz aja, makan sambil duduk, dan duduk aja dalam mobil aja deh....


saking panjangnya berdebat, kayaknya kapal ini ngangguk2 deh... masa sih ? ya jelas engga , gitu kok dibahas...


Tapi pemandangan dari depan warung ikan tadi cantik banget, lihat deh .....


Yang bagian kongkow duduk diteras sana, banyak cafe "ditoko" sebelah memang....


Lhaaaa pasukan burung camar datang menyerbu, katanya sih kalau gini ini ada kapal ikan datang, mereka bisa bau kalau kapal ikan merapat.


banyak banget deh burung yang datang, serem banget lihatnya teringat akan film the birdsnya Alfred Hitchcock.


Eh ternyata tuan besar dan tuan kecil menikmati datangnya burung2 itu, lihat aja kok pada tertarik ama pembawa flu burung deh...( biasa rada2 parno)


Kembali ke warung tadi mau ambil pesanannya, karena tadi katanya tunggu dulu mau digorengkan, lha kok malah ini camar dengan santai menclok di meja, lha kalau ber "guano" piye tho.....


Akhirnya makan juga dimeja bekas burung tadi, abis meja lain ya penuh, tetep aja gak mau makan dimobil, takut bau udahnya....
Menunya Bamby beli grote garnalen, tapi menurut saya itu udang buatan deh, bukan udang asli abis kok murah amat....


kalau yang ini menunya Papa, dari dulu doyannya kerang ijo bungkus tepung, baunya ampun amisnya, tobat. Saya memang gak pernah suka kerang2an... biarpun katanya gizi tinggi. Permisi ajalah kalau diajakin makan kerang.


Menu saya biasalah, Kibbeling dengan saus remoulade, yang gak ada dimana mana saus itu, cuman ada disini, enak banget mirip cocktail saus tapi gak berminuman keras tentunya.


Beli patatnya cuman dua aja soale ikan gorengnya kan udah porsi mengerikan gitu, dan kentang ini juga pake dressing remoulade , maruk saus unik ini, dan 2 porsi kentang ini bertiga pun ampun2an ngabisinnya....


sekedar kenag2an karena rasanya yang jualan masih sama dengan yang saya lihat 9 tahun yang lalu deh, syapa tahu kesini lagi someday bisa dicocokan....


Lha si aki ini, gara2 diledekin ama teman2nya waktu tadi difoto pas mau saya close up kok terus nunduk malu......walah

Akhirnya mau juga difoto......ada aja deh.... jual mahal ni yeee......


Udah malem ternyata sehabis kita nyerbu ikan goreng dan patatnya, kalau gak salah pake beli es krim juga deh.... gile2an malam makan gini banyak...embohlah ntar di Ad diet lagi sekarang mah liburan ajah.... gak mikir ngitung kalori. ( nekat.com)


Lha papanya langsung ngacir aja ke mobil sementara Bamby masih menikmati alam sekitar ternyata, tapi ini kok bak sampah nutupin pemandangan sih... aduh naruh kok ya malang kadhak disini....

Kalau mulai narcis mbok ya itu jerawat di obatin, kan keren kalau tuh muke tanpa jerawat tuh nak..... mana nampangnya bersama coklat kesukaan nusa dan bangsa gitu, Chocomel....


Ceritanya nih sambil menikmati pemandangan malam di Scheveningen, eh tapi kok ya sambil "ngebir" chocomel....ha ha ha dasar bayi gede....

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home