Tuesday, July 22, 2008

Tour Ke Hobema Markt

Hari ini katanya hari pasar ya kita jalan2 kepasar/ markt aja deh setelah papa berangkat ke coursenya.
Pilihan kali ini ya Hobemma Markt di Den Haag.
Markt ini cukup besar dan banyak diminati oleh orang2 non lokal, banyak dijual barang2 dengan harga miring juga jual barang bekas yang masih layak pakai.
Makanan Asia juga banyak, dari singkong, toge, kacang panjang komplit juga disini, hanya memang harganya jauh lebih mahal dari makanan lokal, juga dibanding AD ya jauh lebih mahal di Belanda, lha wong tempatnya juga jauh dari negara asal tuh makanan.
Tapi memang yang penting ada, jadi kalau sekali2 kangen ama masakan Asia bahannya ada. Kalau sering2 dompet kayaknya lumayan terkuras juga.


Nganter suami berangkat ke tempat coursenya dari jendela ajah, abisnya males turun.... daaaaggggg....dddoooeeeeiiiii....
Balkon tetangga bawah itu yang punya anjing yang jadi musuh saya selama ini, abisnya kalau lewat nih balkon selalu digonggong anjing si tuan tadi....
baca deh : Dendamnya Esther


Hari Senin, papa berangkat ke coursenya naik bis karena mobil sewaan sudah dikembalikan. ( Dengan was2 dia naik bis, maklum gak biasa naik opebaar vervoer si tuan satu ini).
Ya buat apa lagi sewa mobil lha wong Bamby dan saya demen banget naik angkutan umum, cukup nyaman juga kok.
Ya papanya sih gak suka, karena memang selama dia sekolah di londo dulu juga gak pernah pake angkutan umum, punya mobil sendiri maklum anaknya diplomat......
Kalau Bamby ama saya demen banget naik bis, lari2 ngejar trem.... seninya disitu, walau kadang ngeluh juga karena tremnya kayak sarden penuhnya mana mesti tenteng2 belanjaan tapi tetep aja gak kapok.



Nah ini sebagian dagangannya pasar Hobema yang apik dan bersih, dari dulu kalau kesini gak pernah lolos gak beli apa2, semua sayuran seger2 dilihat, jadi pengen dimasak semuanya...sayang selalu gak punya waktu buat masak yang proper selama diBelanda, biasa lebih kebandang jalan sana sini soale...
Tapi kebayang kan selagi saya tinggal di Bontang, di nun jauh disana, dimana sayuran segar agak sulit ditemui lalu datangnya kepasar sini...ya pastine lapar mata. (asli alasan....)


Yang jual buah2an, lihat deh alpukat segitu banyaknya..... mana gak mahal lagi...cuman 2 euro per kilo halah murahnya....

Kalau yang ini kios yang jualan makanan oosterse maksudnya yang jual makanan timur aliasasia tenggara...nah komplit banget neh apa aja ada, sukun aja adam keluwih, nangka muda, daun singkong.... Tapi harganya jangan ditanya, mahalnya. Kayanya kalau sering2 makan makanan Indonesia lumayan merogoh kantong juga disini.

Lihat deh ada pare ada kacang panjang yang bagus banget, muda dan panjang, kalu di Ad kacang panjangnya agak pendek, malah kadang sama panjang dengan buncis tapi muda2 sih.... Kalau terong mah banyak diAD.

Lha ini yang namanya madame Jannette, pudesnya ampun deh...kalah jalapeno, kalau numis dikasih ini satu aja sedep tapi dower saking pedesnya.
Bayangkan ada krai, itu lho yang kayak timun dibelakang, ada mangga muda dari India (untung diAD juga ada kalau mangga muda aja sih), juga bumbu2 dapur kayak laos jahe kunci kencur, jahe dan kunir segar.... aduh surga banget deh buat yang jualan makanan Indonesia.

Ini jualan buah2an lokalnya lagi musim aardbeien, alias strawberry, mayan sih harganya agak murah meski kalau dihitung hitung masih lebih murah di AD....

Ini si bapak yang jualan di kiosk Oosterse, alias kios Indonesia, bisa bahasa Indonesia, yang lagi saya ajak ngomong heran2 lho kok dari AD sih ? kenapa Pak emang gak boleh ?

Sayuran lokal dan daun2an rempah, tapi disini seledri kayak ditanah air banyak dan gak mahal jangan coba di AD , halah cuman ada spesial di asian store aja, mana mahalnya tobat.

Singkong jeee, banyak dan seger2.....

lhe ini jualan apa, jualan tampangnya Bamby he he he

Lihat deh yang belanja banyak dari Iran dan Irak, banyak banget populasi mereka di Londo akhir2 ini, yang 9 tahun lalu mah gak sebanyak ini.

Jualan barang2 aneh2, ada bekas ada juga elektronik cap semar alias cap gak bekend...

Yang jualan mau bikinin kita foto cuman ya gitu asal aja njepretin kita tapi udah lumayanlah ada foto kami....

bagian seafoodnya, fotone agak merah karena tendanya merah.



Seger2 sih lumayan, dan harga ikan disini emang mahal, memang harusnya ikan tuh agak mahal gak semurah di Indonesia, jadi kehidupan para nelayannya juga agak makmur.


Per cumi an, kepiting, kerang, octopus semua ada disini.

Yang jual ikan goreng, hanya satu sekarang padahal dulu ada beberapa krametje/warung, enath kemana yang lainnya....

Nah ini dia, jualan haring, alias ikan mentah kedoyanannya orang londo...., gak takut cacingankah makan ikan mentah ?

setelah jalan2 capek kita langsung duduk2 aja diwarung poffertjes, dan ini pesanannya Bamby, aduh nak kok bertabur gula gini ya, rasanya lihatnya udah kemanisan....

Kenapa sih kok pasang tampang aneh gini ? padahal nunggu bis yang gak datang2 memang, eh salah nunggu tram ya ? lupa aku.

Hasil perburuan di Pasar tadi, kersen alias black cherry yang suka kita bikin isinya black forest, disini mah jual yang segernya.

Nah tadi beli ikan sole, ikan sebelah kalau diBontang bilangnya, dan saya masak juga sup sayur aja, tadi beli bloemkool ama wortel aja.

Kalau ini stovenya Oma, aneh juga katanya induksi stove, jadi gak keluar apine tapi kalau dinyalakan panas begitu pancinya diangkat panasnya hilang mati sendiri, aku udik banget deh lihat gini heran....
Tapi buat orang tua yang pikunan ini bagus sekali, kalaupun lupa matikan akan mati sendiri. Cuman buat saya saat ini gak pengen punya yang kayak gini, gak mantep rasamnya masak gak ada apinya.



0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home