Tuesday, July 22, 2008

jalan jalan ke Volendam

Hari ke 4 - Week End.


Week End kali ini kami habiskan antara lain jalan ke Volendam.
Salah satu obyek pariwisata yang terkenal di Belanda adalah ke Volendam, dimana kita bisa berfoto ria dengan kostum londo ala nelayan jadul. Sekarang sih kesini bukan buat foto soale udah beberapa kali foto disini, tapi sekedar jalan2 soale tempat ini memang cantik untuk dikunjungi juga souvenirnya murah2 dibanding tempat lain. dan juga makan siang disini lumayan murah dibanding di Scheveningen.

Perjalanan kami ke Volendam, melewati Amsterdam, tapi apa coba, biasanya kita kalau bepergian siap ama peta, kali ini petanya entah nyelip kemana padahal sebelum berangkat sering aja kita lihat ada dilemari, pas ngepak beberapa hari yang lalu, lha kok raib, jadi main stil yakin aja berdasar pengalaman yang lampau kalau ke Volendam lewat sini atau situ.
Tapi kali ini berakhir dengan kurang pede juga, akhirnya mas punya inisiatif masuk kota Amsterdam pinggiran untuk lihat peta jalanan. Sambil juga menikmati rimbunnya pohon2 jalanan.


Nemu juga halte bus yang ada peta kota Amsterdam damn sekitarnya, paling engga tau harus lewat jalan raya yang mana menuju Volendam. untung memang petunjuk jalannya cukup enak diikuti, buat turis kayak kami ya gak terlalu bingung, kalau bingung nanya juga gak masalah lha wong suami terutama masih lancar berbahasa setempat.

Ini memang mobil yang kami sewa, tadinya sewa yang agak kecilan dari ini, tapi entah kenapa kok dikasih bonus dapet yang gedean, ya seneng aja deh.

Rimbunnya jalanan sampai summer gini juga enak banget adem rasamnya dibawah pohon.
Sementara mas lihat peta saya ngelaba aja bikin foto sana sini, abisnya enak banget lihat rimbunnya tanaman.... dan sudah tua2 pohonnya. Kalau di AD kan banyak pohon tapi bukan pohon tua, maklum penghijauan di AD kan baru aja paling lama ya 10 tahun terakhir aja.


Pemandangan khas setibanya di Volendam. Kapal nelayan dengan banyak banget turis.
Kebetulan cuaca pagi ini bukan aja cerah tapi sudah mengarah ke panas banget deh, terik banget mataharinya. Tapi buat orang londonya sendiri demen banget banyak matahari gini, katanya mooi weer....( buat aku gak mooi rek puanas terik....)


Patung si noni londo dengan pakaian nelayan terbuat dari tembaga, terlihat hitam banget ya ?


Lha kok diintip sih nak ?, mau lihat tampang opo piye


deretan pertokoannya yang masih belum terlalu sibuk, maklum pagi masih, tapi bentar lagi pasti deh kebanjiran turis.


Yang ngangeni ya pemandangan seperti ini, gedung dengan design khasnya, kapal nelayan dan warna gedungnya yang ijo merah......


Lha Bamby nyari toilet atau nyari apa ya ? kok tangan dipinggang kayak pegel linu gitu???


Pemandangan kota Volendam eh kampung Volendam, canteeeekkkkkk................


Hayuk bu... dipilih ...dipilih... post card nya memang bagus2 dan murah....
( kayak penjual asongan deh gw lama2...)


Lha ini penjual apa ya ? eh salah... maaf mas....
Tapi kontras sekali ya warna warninya, klompen aneka design, juga tulip kayu yang konon kabarnya dibuat diBali saja.


Placemat dengan design lucu2... untung bisa tahan diri deh disini kalau engga kebayang koper isinya pasti barang2 dari sini. memang surga belanja souvenir ada disini dan harganya juga oke banget, gak semahal di Delft malah.
Aneh kan, padahal tempat ini touristik banget yang biasanya selalu cinderamata mahal, tapi disini malah anomali.


Karena saya foto sana sini rupanya masku ngilang rupanya "berakrab ria" duduk dengan tukang ikan Belanda dari tembaga..... disaksikan oleh Bamby yang heran ???


Bayangkan apa bukan godaan maut kalau masuk toko kayak gini dengan banyak harga obralan ? minta ampun deh rasanya, untung dompet tadi udah diikat kuat2 atau malah dilem ama lem uhu.... jadi gak bisa dibuka, demi menjaga timbangan koper. Sengsara deh cuman boleh bawa 20 kg, kok ya aneh sih disuruhnya kita belanja banyak2 di londo tapi bagasi kagak dinaekin... lha piye tho, mau dibawa pake apa lalu belanjaan kita ?
KLM mbok ya dipikirin tho???? kalau buat souvenir ada dispensasi gitu lho.... ( maunya...)


Yang ini juga, bener penyiksaan deh... masuk toko kayak gini.
untung juga rumah di AD gak besar dengan lemari besar, kalau engga kan mikir ntar ditenteng ajalah....ada aja otak mau ngelabanya...
Kalau sekarang sadar diri ntar dirumah mau ditaruh dimana??? ( kata adikku , tuh jidat masih lebar...he he he)


Masih toko sebelah. Juga cantik2 barangnya tapi ditiap toko beda2 harganya jadi kita mesti jeli lihat barang2 yang mirip dengan harga beda2, tapi kalau udah kepengen boro2 mau banding2kan harga dulu, tancap aja deh.Ada juga toko yang barangnya gak ada ditoko lain.....
Kali ini foto2an gak motoin studio foto yng langganan orang Indonesia yang terkenal foto studio Zwaarthoed, ada fotonya Megawati dan suami, Gus Dur dan sejumalh artis papan atas.
Dulu sih pernah berfoto ria disitu tapi sekarang udah males, bajunya sama orangnya sama cuman dulu Bamby masih kecil sekarang udah gede.... gak tau kok kita bertiga sepakat gak pengen berfoto disitu.


Ynag khas jual klompen londo...ini juga gak beli lha wong dirumah ad yang besar 2 yang kecil tak terhitung, lama lama kan kalau beli lagi kayak toko klompen rumah gw, padahal udah ngelirik2 klompen motif sapi deh.....


kayaknya memang banyak design baru klompen...dalam hati pengen beli lagi, tapi malu ama mas, jadilah tegar hati gak jadi beli juga klompen motif sapi.
Pernah ngerasin pake klompen ? saya sudah, walaupun pake kaos kaki tebal (kalau jaman dulu malah kaos kakinya ada kulitnya dibagian2 tertentu biar gak scepet bolong kaos kakinya juga biar kakinya gak lecet) tetep aja sakit, 5 menit pertama jalan gak terasa lama2 waduh sakitnya tapi besokkannya lebih sakit lagi dan pegal2....kapok deh.
Dalam acara apa aku pake klomnpen ? nah itu acara ontvangsweeknya TH Delft dulu, aku kebagian nyanyi pake klompen, udah dibilang dipake kalau pas dipanggung aja, ini ngeyel dipake dari runag ganti duduk sana sini nunggu manggung, kirain udah pake kaos kaki tebal gpp taunya ngerasain sendiri deh.


Sialan kan maju terus jalannya nih toko klompen masih ada aja, mana melambai2 benget deh, cuman saya juga geli kalau inget Ibu saya yang komen lihat beberapa klompen koleksiku yang ukuran kecil2 aku pajang dilemari : lha sepatune londo kok dipajang dilemari....
Kalau dipikir emamng iya sih walau pun sekarang udah jadi souvenir tapi tetep aja fungsinya tadinya sepatu untuk dipake.

Yah...ternyata ada yang dibeli juga, ya itu oleh2 buat teman di AD dan juga buat kolega mas dikantor pusat, namanya juga dines masa iya gak kasih oleh2 teman2 yang dikantor. Tapi klompen tetap tak dibeli...tegar mode on.


Nah karena laper dan juga udah jam makan ( tapi emang niatnya mau makan siang disini kok) jadi kita makan ikan goreng deh menu siang ini.


Menunya semua sama, kibbeling dengan salad dan patat, yang porsinya aduh minta ampun banyaknya, saya juga gakabisin Bamby deh habis, kayaknya yang ngabisin sisa gw punya.



Lihat aja si mbah juga nyureng gitu makannya, kayaknya dia juga mblenger lihat porsinya gede banget, tapi akhirnya habis juga.

Diperjalanan pulang sempet terekam juga tempat yang jualan keju peternakan alias boeren kaas, katanya memang lebih sedep dibanding keju yang dijual di SPM. Mirip kayak yoghurt juga gitu yang boeren yoghurt itu lebih kentel dan gurihnya , mantap man....

Jembatan gantung khas londo, jadi masih bisa perahu lewat disungai yang ada jembatannya, karena sampai saat ini banyak yang masih punya perahu, baik hanya untuk leasure juga untuk angkut2 barang atau transportasi murah.
Kan belanda mah pandai mengoptimasikan transportasi murah, seperti yang naik sepeda kan jumlahnya betul2 mencengangkan, bahkan berdasi dan berjas pun demen aja naik sepeda.
Juga sarana untuk bersepedanya memang mendapat perhtian lebih, dan mereka tuh dapat juga prioritas bersepeda dipersimpangan jalan, mobil harus nunggu mereka.
Apalagi terhadap pejalan kaki, mobil betul2 harus nunggu yang nyebrang dan yang nyebrang biasanya walaupun tau ditunggu mobil ya nyebrang aja dengan jalan santai, gak buru2. Jangan coba di AD atau Jakarta, bisa kena marah orang kitanya.


0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home