Tuesday, July 22, 2008

Den Haag Centrum

day 5 - Week End.

Den Haag Centrum termasuk Spui, Passage dan Grote Marktnya, memang banyak sekali dikunjungi wisatawan selain tentunya penduduk sekitarnya.
Rasanya dari dulu gini aja, dikit sekali yang berubah, dan rasanya yang berubah hanya Grote Markt lebih dikenal kini dengan China town.

Yang ini adalah Den Haag Passage yang sangat terkenal itu, sebagai pusatnya perdagangan ataupun sekedar berjalan jalan. Turis kalau gak kesini rugi banget karena disini bisa ditemui segala macam anak bangsa juga segala macam toko khas Belanda ( bukan toko branded dunia).

Disisi lain pas didepan pintu masuk ke dalam passage, ada simpangan rute trem dan sebrangnya toko2 biasa dengan bangunan yang super antik. Kalau suka dengan bentuk antik bangunan ya kesinilah tempatnya.

Inilah pemandangan ramenya passage disiang hari, bentar lagi lebih ramai lagi, apalagi pas jam makan siang walah.... semua tumpah ruah disini, karena bisa beli makan siangpun disini. Makan siang ala barat tapine lho....


Yang pake kerudung juga ikut jalan2 disini, tapi memang banyak betul sekarang kaum muslimah disini, heran juga saya, 9 tahun yang lalu sih bisa dihitung ama jari aja tapini sekarang disetiap waktu selalu lihat orang berkerudung.


Nah si marinello ini tempatnya jualan es krim Italy yang sedep banget deh, mantaf banget. bamby yang tadinya gak suka es krim pun mulai deh kalau lewat sini langsung mesen es krim....


bamby ngantre es krim, ini langka banget deh, secara dia tuh samsek gak suka makanan dingin karena katannya giginya ngilu semua. Tapi gak tau nih setelah sekali nyobain es krim disini walah kok jadi ketagihan....


Disini tempatnya patat enak, juga minyaknya kayaknya beda, karena dia nge claim kalau patat yang mereka jual patat yang sehat , digoreng dengan minyak bukan fat untuk goreng.


Unik kan tokonya ada pajangan patatnya, jadi dari jauhpun terlihat...lha ini "warung" yang jual patat.


papanya nih demen bin demen banget ama patat, tapi sayangnya saus yang dia demenin gak ada disini yakni knoflook sauce yang ada sauce demenannya saya yakni curry sauce yang berwarna merah. aneh kan ? lihat aja tuh patat yang dibawa masku, kan sausnya merah bukan saus tomat tapi curry saus, tapi kalau gak pas juga rasanya kayak jamu, hanya dibeberapa warung patat aja pas rasa saus currynya, yang ini malah rada kayak jamu.

Kalau dari passage mau nembus ke Spui yang ada Hema , C&A, V&D dan P&C semua ada di Spui, malah ada juga Marks and Spencer disini.


Sepanjang Spui Staart, terlihat toko Hema dan Peek and Cloppenburg yang harga barang2nya walah kelas atas nek.... gak deh belanja disini, rasanya gak worthed buat kantong saya.


Pemandangan sisi kirinya kearah kota...disepanjang spui juga.


masih Spui yang ada C&A dan Marks and Spencernya....


Nah ini Hema tempat kami beli krenten brood yang sedep itu, sebetulnya toko ini jualan baju dan perlengkapan RT, tapi juga jual makanan walau gak banyak jenisnya malah sekarang ada kantinnya segala, toko ini termasuk murah karena diperuntukan konsumen kelas menengah.


Lah papa lagi nunggu apa ya ? ya itu nunggu pesanan makanan kita beres , jatah makan siangnya beli aja, soale males masak ah....


Dimana lagi belinya kalau gak di Fat Kee , nah kali ini belinya di Fat Kee besar, karena kata mas, yang enak disini bukan yang di Fat Kee kecil, kalau saya bilang ya sama aja sih, tapi entahlah....

Lha...... Bamby keluar dari resto dengan tentangan sejibun pesanan makanan dari kami, banyak memang lha wong bukan hanya untuk makan sehari ini aja tapi juga buat besok en besoknya lagi......

Pemandangan di apartemennya Opa, Asri dan tenang karena gak banyak keluarga muda tinggal disini. Rata2 yang tinggal disini para pensiunan atau yang anaknya udah pada mentas semua, karena memang kamar tidurnya cuman 2 aja....


Pemandangan ini diambil dari depan apartemennya Opa Oma, ada grojogan air yang katanya akan dikurangi tingkat kebrisikannya karena kan orang tua yang tinggal disekeliling grojogan ini merasa kebrisikan, buat kami selama tinggal di tempat opa mah biasa aja, fine2 aja dengan suara grojogannya, tapi mungkin buat yang udah sepuh beda lagi kali efeknya.

Lha Bamby mejeng dulu sebelum masuk keatas menuju ke apartmennya Opa ....Tentengannya itu rek...jatah makan siang kami. Ntr jangan lupa kalu udah naik buka jendela dan tongolin gundulmu itu ya nak......

Kami masih jalan2 sambil nunggu Bamby untuk nongolin kepala karena biar tau dimana apartemennya, tapi udah lama nunggu kok kepala gak nongol2.... padahal jendela udah dia buka tapi orangnya kemana ?

kalau bisa lihat tuh ternyata Bamby malah duduk dimeja makan tepat disebelah jendela, heran juga kok malah gak nongolin kepalanya....jadilah daku tereak tarzan dulu....hhhhhoooooiiiii.

Heh heh, eindelijk zeg, nongol juga kamu tho..... Piye tho kok lupa aturan pakai tadi.....



**
Makan siang kali ini dibeli di Fat Kee tadi, kalau kebetulan ke Den Haag jangan lupa mampir ke daerah centrumnya dan mampir makan disini, pasti gak nyesel deh.
Alamatnya : Fat Kee Chinese Restaurant, Gedempte Gracht - Den Haag Spui.
Daging masak dengan jamur hioko ini favoritenya Bamby, enak emang dengan nuansa saus tirem yang medok banget. saking demennya sampai Bamby nantangin mamanya suruh bikin yang kayak gini...walah bisa gak ya ?

Ini ifumie sebetulnya gak dicampur gini tadinya, tapi gak ngerti kenapa kok begitu keluar dari kotak terus main campur aja ama kuahnya, jadilah fotonya seperti ini, tapi soal rasa sih, tetep enak...hanya mie yang garingnya ilang kena kuahnya...

Pu Yung Hay nya Fat Kee ini memang mengundang selera banget deh, mana yang kita beli ini pu yung hay kepiting, nyaem banget deh.

Roti kismisnya Hema alias Krenten Brood dari Hema, enak buat selera kami lebih enak dari buatan Albert Heijn, tapi ama buatan Konmar hampir mirip.

2 Comments:

At May 19, 2010 at 12:25 PM , Blogger Unknown said...

bunda estherlita...mau tanya nih... kalo di fat kee mahal ngga harga makanannya ?? biasa 1 porsi berapaan yah ?? btw resto indonesia di den haag yg enak 'n murah untuk pelajar di mana yah ??

thx buat infonya.....

 
At May 19, 2010 at 10:58 PM , Blogger D'ez said...

waduh maaf yah saya kan gak tinggal di Belanda jadi gak tau lagi sekarang, itu kan udah sekian tahun lalu.
Yang dulu ajah lupa...

 

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home