Tuesday, July 22, 2008

Jalan di hari terakhir, Kamis 13 Juli 2004.

H-1 judule.
Ternyata besok deh pulang, berakhir juga kunjungan singkat kami ini, dan jalan2 masih terus sampai kaki pegal abis, biar malem tidurnya nyenyak.
Abisnya kalau pas summer gini, didalam rumah kurang oke, karena rumah belanda kan di design untuk kedap udara dingin, karena belanda memang langka dengan summer yang panas kayak gini; biasanya cuman beberapa hari aja panas, lalu berubah dingin lagi, lha ini lagi rejeki gw deh dapet panas kayak gini.
Jadi tuh rumah kalau pas panas gini ya kedap juga , jadi rasanya kayak dalam oven, gak ada aliran udara samsek.
Model bangunan belanda memang gak ada jendela ventilasi kayak rumah2 di Indonesia, yang ada hanya ventilasi dalam rumah yang digerakkan ama listrik aja. Tapi tetep aja enakan dapet udara ngalir kan ? Lha kalau pake lubang ventilasi kan kalau musim salju apanya gak menggigil setengah mati... maklum juga sih dengan kondisinya, cuman harus membiasakan diri, itu yang rada ribet. (manja.com)


Oma dengan gayanya yang khas duduk dikursi yang cocok buat ortu, karena tinggi jadi bangunnya gak... uh ah oh... sakit semua pinggang dan sendi2....
Kalau urusan atur mengatur jadwal, Oma nih gak ada duanya, betul2 tepat dan teliti segala sesuatunya, sampai detil betul kalau ngasih petunjuk tuh.


Si Opa nih lagi semangat pengen belajar ngirim sms, tapi mobilenya kuno punya, jadi saya juga kagak bisa ngajarin, abisnya beda banget caranya....
Ampe si Oma rada2 kelaparan karena udah jam makan mereka.
Mereka tuh hidupnya betul2 teratur, pagi jam 8 sarapan, jam 11 minum kopi plus satu potong kue, jam 13 makan siang, jam 4 minum teh plus 1 potong kue dan jam 7 makan malem.... tiap hari gitu sampai bertahun2 sampai diusia pernikahan mereka yang ke sekian puluh bayangkan... kalau saya rasanya agak bosen deh...
Minum teh aja dihitung berapa cup sehari.... waduh tolong deh.
Tapi mungkin dengan hidup teratur seperti itu mereka hidup lama, sekarang aja udah pada diatas 80 tahun masih seger2 gitu.



Siang abis selesai urusan ama Opa dan Oma, kami pamit untuk makan diluar aja, hari terakhir mah harusnya jajan deh....
Tadinya sih ditawarin makan siang dirumah Opa Oma, tapi kayaknya engga deh gak usah bikin repot orang tua, kita zelfstandig aja. Maka Cikipa cipiki dulu dan janjian buat besok pagi bakal dijemput Opa Oma untuk dianter ke airport, makasih banget ya. Tot Ziens sampai besok.



Kami makan diDen Haag Passage, pertokoan yang terletak digang memanjang, yang banyak juga tempat jualan makanannya. Kali ini kita pilih yang jualan ikan goreng tepungnya, anehnya ikan disini gak bikin saya gatelan dan gak amis.
Juga pengen makan patatnya untuk terakhir sebelum pulang.



Pesen makanan disini mah oke, biar bahasa Belandaku gak canggih2 amat tapi okelah orang yang diajak ngomong ngerti.
Tapi kalau pesen minuman KO deh gw....
Kemarin2 pesen orange juice dapetnya orange seger yang diperas...kita gak gitu doyan soale, lalu besoknya lagi beli di SPM air botolan taunya ada sodanya...
sekarang pesen sinas maksudnya sinaapple sap, lupa bilang sapnya dapetnya fanta sinas... mestinya bukan sinasnya yang disebut tapi sap nya.... Sap aka juice, tapi bilang sinas juice bukan dapet sinas sap.
sap itu minuman juice dalam botol atau kotak, ya juice jadi lah....
Juice jeruk dalam kotak, namanya sinasapel sap...dan sinasapel sap dan biasa disebut sinas sap aja, tapi jangan keliru atau dikurangi kata2nya karena bakalan yang datang lain dari yang diharapkan.
Kalau air minum kayaknya bron water deh, bukan mineral water kayaknya... jadi waktu kemarin beli air botolan dapetnya air yang ada sodanya dengan rasa manis yang ringan....



Flat Pancake/ Pannekoek.
Kalau yang ini adalah makanan pembukanya Bamby, pannekoek apple. Biar tipis gini tapi makan satu porsinya cukup mengenyangkan. Mau ditambahin gula halus atau stroop terserah selera karena panekoeknya hambar punya. Applenya juga cuman diiris gitu aja taruh diatasnya, yang buah2an lain kayaknya juga gitu, karena dalam menu ada, kiwi, arbei/strawbbery, pisang.
Juga ada yang asin diisi seperti, ham/spek atau keju, atau tuna salad atau chicken salad.
Rasanya kayak american risoles aja deh... jadi saya pikir nama american risoles itu kayaknya bisa dibilang juga holland's risoles/ holris lha wong jelas pancake mereka ada yang asin mirip ama am-ris hanya gak digoreng.
Pannekoek asin disana disebut: hartige pannekoek dan yang manis : zoete pannekoek.



Egg Salad.
Pesananku : Kirain yang bakal keluar egg salad yang masih ada sayurannya dicampurannya kayak yang saya biasa makan di Cafe Ceramiquedi AD , taunya sesuatu yang mbleketrek gini, kayak kebanyaka moyonaisse deh, dan sayurannya basa basi
dipinggirnya... timun asem, wortel parut, tomat ama daun selada , udah gitu aja.
Kebayang kalau pesen salad di Perancis, dapetnya semangkok basar, persis kayak kambing aja dikasih daun2 an saking banyaknya, padahal belanda tetangganya kok beda banget ya....
Pantas org perancis langsing2 kalau londo/belanda kan sehat2 lebar2 dan besar2....



Ini menu pokoknya.
Pesananku : Lekkerbekje goreng tepung dengan patat fritjes/ kentang goreng dengan saus Curry (yang merah) dan knoflook saus / mayo bawang putih. Dapat teman2nya macam2, ada beef sald sejemprit, ada sayuran sejemprit juga tapi makan nih ikan kuenyangnya mana kentangnya aduhai banyaknya lihat aja potongannya kan besar2 gitu, beda dengan french fries yang langsing2, bener kan mirip juga penduduknya, french kurus, londo sehat2.....(again I mention this).



Kibelling Goreng Tepung.
Pesanan Bamby, mirip dengan set menu punyaku, hanya beda di pilihan ikannya aja. entah kok kami tuh kalau pesen selalu beda2 Bamby sukanya kibbeling, aku sukanya lekkerbekje. Kalau ditanya apa bedanya? menurut saya sih beda penampilan aja, lekkerbekje besar lebar kibbeling itu kecil2 rasanya ...asli sama ajah, menurutku seh...



Hidangan penutup.
Nah udah beberapa jenis ice cream dicoba kali ini nyoba after 8 yang ternyata rasanya mint dengan potongan coklat didalamnya secara gw gak gitu fans ama mint serasa gosok gigi deh makan es krim ini.
Yang Bamby ice cream banana, demennya cuman itu aja..aneh deh gak mau nyoba rasa lainnya.
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Dibawah ini adalah pemandangan sewaktu kami naik bis akan kembali ke Delftgauw, dijalan terhenti karena jembatan yang dipake buat lewat dinaikkan karena ada kepal lewat, sayangnya waktu kami melewati jembatan tsb cameranya udah habis batere jadi gak bisa mengabadikan kapal sebesar apa yang lewat. Untung lalu lintas dalam kota delft gak gitu rame jadi gak macet2 amat karena jembatan ini makan waktu agak lama buat dinaikkan dan ditutup kembali.
Yang seru lihat deh mobil merah kecil kanan bawah, kelihatan banget pergerakannya.



Dah beres jembatan udah nutup kembali, kita bisa lanjut perjalanan pulang.....

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home